Peluncuran HarmonyOS dari Huawei Mirip IOS Apple?

Justfakaza.com – Sejak pemerintah AS melarang Huawei menggunakan OS Android Google sebagai dasar sistem operasi EMUI-nya, raksasa teknologi yang berbasis di China itu telah bereksperimen dengan berbagai versi beta untuk OS seluler buatannya sendiri. Huawei akhirnya meluncurkan HarmonyOS untuk ponsel dan tablet di sebuah acara rabu dan itu akan terlihat sangat akrab bagi penggemar Apple.

Gaya HarmonyOS dengan IOS Apple

Tetapi meskipun mudah untuk mengambil gambar di Huawei karena mengambil banyak “inspirasi” dari Apple, HarmonyOS juga merupakan konsep ulang yang solid dari iPadOS Apple, terutama pada MatePad Pro. Ikon dapat dipindahkan ke mana saja di dalam kisi sehingga tidak perlu disematkan ke atas. Widget bergaya iOS yang sama masuk ke layar tablet, tempat anda dapat mengetuk ikon untuk memperluas widgetnya.

Dan saat anda meluncurkan pusat tugas yang sangat mirip dengan Pusat Kontrol Apple. Anda akan dapat melihat fitur dan layanan yang tersedia di semua perangkat Harmony anda. HarmonyOS Huawei memiliki nuansa iOS yang pasti, tetapi pada tablet.

 

Kesamaan HarmonyOS dan IOS Apple

Penggemar Apple akan mengejek dan mengatakan Huawei benar-benar merobek sistem operasi Apple dan harus dituntut. Dan kami akan mengakui bahwa ada banyak kesamaan. Widget mengapung di layar beranda seperti iOS 14. Dermaga dibagi menjadi favorit dan recount. Dan aplikasi layar terpisah memungkinkan anda menarik dan melepas antar layar.

Namun terlepas dari penyalinan yang jelas seperti yang anda lihat pada gambar di sini, HarmonyOS sangat terasa seperti iOS tetapi lebih terintegrasi dan lebih tinggi. Transisi dan font seragam di semua perangkat HarmonyOS, termasuk ponsel, tablet, dan jam tangan. Gunakan dua perangkat Huawei dan anda dapat menarik dan melepas kontrol dan fitur di antara keduanya.

Jadi, jika anda sedang menonton film di ponsel Mate anda, yang harus anda lakukan adalah membuka Task Center, menyeret ikon ponsel ke ikon tampilan, dan film akan langsung melompat ke televisi anda dan melanjutkan. Huawei menyebutnya Perangkat Super, dan meskipun anda dapat melakukannya dengan iOS dan Apple TV, tetapi sepertinya Huawei telah membuatnya lebih mirip Apple.

 

 

Kesimpulan Peluncuran HarmonyOS

Tentu saja, Apple berada di ambang peluncuran iPadOS 15, dan itu bisa memberikan semua hal di sini dan lebih banyak lagi. Namun untuk saat ini, Huawei tidak hanya menyalin iOS dan iPad OS juga membuatnya lebih baik dengan semua cara yang benar. Dengan meluncurkan HarmonyOS ini akan membuat Huawei lebih maju dan bangkit setelah di blacklist oleh Google.

Ardiansyah
Saya adalah seorang penulis/content writer untuk website justfakaza dan sudah lebih 1 tahun dibidang ini.