Cara Kerja di Kapal Pesiar, Butuh Apa Saja?

cara kerja di kapal pesiar

Justfakaza.com – Bicara mengenai pekerjaan yang cukup menjanjikan, pilihan untuk bekerja di kapal pesiar adalah salah satu pilihan yang tepat. Kapal pesiar sendiri tentu menggaji dengan nominal yang jauh di atas rata-rata gaji Indonesia ada sebab-sebabnya. Lalu bagaiman cara kerja di kapal pesiar?

Sistem Kerja di Kapal Pesiar

cara kerja di kapal pesiar

Sistem kerja pada kapal pesiar tentu berbeda dengan angkatan laut. Dua hal ini memang berlawanan sekali tujuannya, ambil contoh simpelnya, sistem kerja pada kapal pesiar adalah kita diperankan sebagai pekerja seperti di daratan entah itu di restoran, bagian pencucian, supermarket, atau yang lainnya.

Baca juga: 5 Cara Mudah Agar RAM HP Tidak Penuh

Nah jika angkatan laut, ini adalah pekerjaan yang memang harus sekolah militer dahulu dan nantinya berkaitan dengan TNI-AL. Jadi bedakan dua hal beda di atas supaya tidak salah persepsi untuk yang ingin bekerja di kapal pesiar.

Dan jika kalian merasa ingin melamar atau singkatnya bekerja di pelayaran, kami akan menyajikan beberapa informasi terkait dan terupdate.

Syarat Kerja di Kapal Pesiar

Persyaratan untuk bekerja di salah satu perusahaan terbesar kapal pesiar cukup sulit dan membutuhkan biaya. Karena itu, kita butuh modal awal untuk mendaftar dan melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Kita ambil contoh untuk mendaftar ke Perusahaan Royal Caribean. Jika mendengar perusahaan ini, tentu kalian akan mendengar betapa megahnya kapal-kapal yang dimiliki perusahaan hebat ini.

Baca juga: IPhone 14 Pro Max Rilis, Masih Bocoran?

Syarat wajib

1. Kemampuan Berbahasa Inggris

Terkait pekerjaan yang langsung berinteraksi dengan orang asing, tentu kita sebagai warga negara Indonesia wajib fasih dalam berbahasa Inggris. Karena tentu para kustomer kita di kapal pesiar juga berasal dari orang berada dan pasti menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

2. Ilmu Perhotelan

Ilmu basic dari pekerjaan ini adalah ilmu tentang perhotelan. Dari mulai kalian diajarkan tentang dasar-dasar pekerjaan yang ada di hotel dan semuanya pasti akan ditraining beberapa bulan di hotel yang ditujukan.

Baca juga: Aplikasi Airdrop Crypto yang Menggila!

3. Kesehatan Fisik

Syarat ketiga kali ini merupakan syarat yang wajib dimiliki baik dari pelayaran maupun lainnya. Karena kesehatan fisik memang nomor satu, apalagi bekerja di atas kapal pesiar yang notabenenya hanya bersandar di pelabuhan tertentu saja.

4. VISA

Visa merupakan kartu identitas kita sebagai orang asing saat berpindah-pindah negara. Karena status kita masih merupakan warga negara Indonesia. Tentunya kalian akan mendapat Visa setelah semua training sekolah pelayaran kalian selesai.

5. Biaya dan Kesabaran

Kedua faktor di atas ini memang terlihat tidak seperti nyata, namun hal inilah yang membuat semuanya berjalan secara lancar. Contoh saja, kalian untuk menempuh sekolah pelayaran dan pemberangkatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tak lagi kesabaran untuk menunggu giliran kalian, terkadang banyak dari para calon pekerja kapal pesiar ini yang hilang kesabaran dan mengakibatkan dirinya tidak jadi lolos untuk ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Developer Options di Android dengan Mudah

Kesimpulan

Inti dari penjelasan di atas adalah jika kalian memang benar-benar ingin bekerja di kapal pesiar, tentu kalian harus paham apa saja yang harus dibutuhkan dan harus kalian siapkan dari sekarang.

Tidak usah menunggu waktu kapannya karena bisa saja itu menjadi nilai plus jika kalian saat sekolah pelayaran dan lebih memahami sistem kerja di kapal pesiar. Tentu kalian juga harus pintar dalam mencari lowongan kerja di kapal pesiar dalam kurun waktu dekat ini.

Karena kondisi dari pandemi covid-19 di luar negeripun sudah mereda dan kalian harus siap untuk menyambutnya dan pastinya kalian sudah tahu cara kerja di kapal pesiar.

Ardiansyah
Saya adalah seorang penulis/content writer untuk website justfakaza dan sudah lebih 1 tahun dibidang ini.