Apple Resmi Mengumumkan iOS 15, Tampilan dan Fitur Baru

Justfakaza.comApple hari ini mempratinjau iOS 15, pembaruan besar perusahaan berikutnya untuk iPhone, menampilkan kemampuan panggilan video baru, peningkatan Pesan, status pengguna, ringkasan pemberitahuan cerdas, dan banyak lagi. Saat ini masih tahap beta dan untuk peluncuran IOS 15 tersendiri mungkin akan dilakukan bulan depan.

Inilah beberapa Big Changes iOS 15

 

FaceTime
Di iOS 15, FaceTime menampilkan tampilan kisi baru dan dukungan mode potret untuk video. Untuk audio, panggilan FaceTime kini menawarkan Audio Spasial sehingga suara terdengar seolah-olah berasal dari tempat orang tersebut berada di layar, dan isolasi suara adaptif untuk pengalaman yang lebih alami.
Selain itu, pengguna kini dapat membuat tautan yang dapat dibagikan ke panggilan video terjadwal, dan dapat bergabung dengan panggilan FaceTime  melalui browser di perangkat Android dan Windows.

“SharePlay” di FaceTime  memungkinkan pengguna untuk membawa musik, video, dan film ke dalam panggilan secara sinkron, serta berbagi layar. SharePlay berfungsi di iPhone , iPad, dan Mac, dan dengan kontrol pemutaran bersama, siapa pun dalam panggilan dapat memutar, menjeda, atau melompat ke depan. SharePlay juga tersedia sebagai API untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi pihak ketiga seperti Disney+, HBO Max, dan TikTok.

Notifikasi


Pemberitahuan di  iOS 15  telah didesain ulang, menambahkan foto kontak untuk orang dan ikon aplikasi yang lebih besar. Sekarang ada ringkasan notifikasi yang menyajikan notifikasi berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi dan prioritasnya.

Focus
iOS 15  menawarkan status pengguna baru yang disebut “Fokus.” A Focus memfilter notifikasi dan aplikasi berdasarkan apa yang ingin menjadi fokus pengguna. Pengguna dapat membuat Fokus khusus atau memilih Fokus yang disarankan. Pengguna juga dapat membuat halaman Layar Beranda dengan aplikasi dan widget yang berlaku untuk momen fokus untuk menampilkan aplikasi yang relevan saja.

Saat status Fokus atau Jangan Ganggu pengguna memblokir notifikasi yang masuk, status mereka akan ditampilkan kepada orang lain di Pesan.

Foto
Foto menampilkan “Teks Langsung”, memungkinkan pengguna untuk menyorot dan memilih teks dalam gambar. Teks Langsung juga berfungsi di aplikasi lain seperti Apple News.

Di iOS 15, Foto  juga akan ditampilkan dalam pencarian Spotlight dan lagu Apple Music dapat ditambahkan ke memori  Foto. Campuran memori disinkronkan dengan video dan gambar, dan dapat dikonfigurasi pengguna dengan lagu-lagu yang dipilih secara cerdas dari Apple Music.

Dompet (Wallet)


iOS 15  menghadirkan jenis kunci tambahan ke aplikasi Wallet, termasuk lencana perusahaan, kunci kamar hotel, dan kunci untuk smart lock rumah.
Wallet juga akan mendukung kartu identitas di Amerika Serikat. Pengguna cukup memindai ID mereka untuk menambahkannya ke aplikasi Wallet.

Cuaca (Weather)


Aplikasi Weather sekarang menampilkan desain yang benar-benar baru, peta dalam aplikasi layar penuh, dan animasi latar belakang baru yang mencerminkan posisi matahari. Perubahan desain baru berdasarkan kondisi dan pemberitahuan dapat menyorot saat hujan atau salju mulai dan berhenti.

Peta (Maps)
Peta menampilkan tampilan globe dan tampilan 3D yang jauh lebih detail di kota, termasuk mode waktu malam baru. Ada detail jalan baru, seperti jalur belok, median, jalur sepeda, dan penyeberangan pejalan kaki, untuk membantu pengemudi di kota.

Sekarang ada lebih banyak informasi dalam tampilan Transit, dan Maps sekarang secara otomatis mengikuti Anda selama rute transit dan dapat mengingatkan anda kapan harus turun, serta menawarkan informasi arah yang lebih rinci.

Dengan iOS 15 , pengguna dapat mengangkat iPhone mereka, dan Peta akan menghasilkan posisi yang akurat untuk menunjukkan petunjuk arah berjalan yang terperinci dalam augmented reality.

Safari
Safari menampilkan desain yang benar-benar baru dengan kontrol yang lebih mudah dijangkau. Ada bilah tab baru dan ringkas yang mengapung di bagian bawah layar sehingga pengguna dapat menggesek antar tab. Ada juga grup tab untuk memungkinkan pengguna mengaksesnya dengan mudah kapan saja di perangkat apa pun. Safari di iPhone  juga mendukung ekstensi untuk pertama kalinya dan halaman awal yang dapat disesuaikan.

Fitur lainnya
iOS 15  juga dilengkapi pencarian suara di Safari, tarik dan lepas lintas aplikasi, dan pakaian Memoji baru. Pesan menampilkan cara baru untuk berbagi konten seperti gambar, musik, podcast, artikel Apple News , dan lainnya, serta konten yang disematkan.Spotlight dapat memanfaatkan pencarian gambar web dan pencarian yang disempurnakan, dan menawarkan kartu kontak, aktor, musisi, acara TV, dan hasil film yang lebih kaya. Aplikasi Notes sekarang menampilkan tag untuk mengkategorikan catatan, dan menyebutkan serta riwayat aktivitas dalam catatan bersama.

Aplikasi Kesehatan memiliki tab berbagi baru yang memungkinkan pengguna berbagi data kesehatan mereka dengan keluarga atau pengasuh, dan Trends dapat menyoroti perubahan yang berarti dalam metrik kesehatan. Cari Milik Saya menambahkan widget baru, dukungan untuk lokasi streaming langsung, dan AirPods di jaringan Temukan Saya .

Kesimpulan
iOS 15  juga menghadirkan lebih banyak privasi ke iPhone, termasuk permintaan Siri di perangkat, Perlindungan Privasi Mail, dan Laporan Privasi Aplikasi. iOS 15  akan tersedia di semua perangkat yang sama dengan iOS 14, artinya semua iPhone dari iPhone  6S dan yang lebih baru didukung.

Peluncuran iOS 15  ini tersedia untuk anggota Program Pengembang Apple mulai hari ini, dan beta publik akan tersedia untuk pengguna iOS mulai bulan depan.

Ardiansyah
Saya adalah seorang penulis/content writer untuk website justfakaza dan sudah lebih 1 tahun dibidang ini.