5 Cara Memulihkan File yang Terhapus di Laptop

cara memulihkan file yang terhapus

Justfakaza.com – Bicara mengenai file terhapus, pernahkan kalian mengalami file-file penting kalian terhapus secara tidak sengaja dan itu membuat kalian bingung bahkan panik? Teruntuk kalian yang masih awam, bisa ikuti langkah cara memulihkan file yang terhapus di laptop kalian.

Topik ini sebenarnya sangat sensitif sekali dengan kata lain tidak bisa dipulihkan ulang. Namun, jika kalian suka mengoprek laptop entah itu di bagian hardware maupun software pasti kalian akan mudah untuk mengatasinya.

Faktor File Tidak Bisa Diselamatkan

Pertanyaan ini menjadi bagian terpenting di sesi ini, karena tentu di pikiran kalian terbayang apakah file tadi yang terhapus masih bisa diselamatkan atau harus kita ikhlaskan karena tidak bisa diselamatkan.

Jadi ada beberapa faktor-faktor yang membuat file-file kalian bisa diselamatkan atau tidak bisa diselamatkan, dan itu semuanya terhubung satu sama lain.

  • Faktor pertama yaitu file tersebut berukuran besar atau tidak.

Pasti dengan ukuran file yang besar, akan membuat file tersebut terhapus permanen baik sengaja ataupun tidak sengaja. Karena sistem yang ada baik di Windows, Linux, dan MacOs memberikan keluangan terhadap recyle bin yang dimilikinya.

Semakin besar ukuran dari file itu otomatis si recycle bin juga tidak dapat menampung karena akan menambah besar memori laptop kalian. Oleh sebab itu, lebih baik kalian memfilter atau menyaring file-file besar ke dalam folder tertentu.

  • Faktor kedua yaitu file tadi mengandung virus.

Virus merupakan hal yang serius, tak sedikit korban dari virus ini yang menyebabkan kerugian pada korbannya. Secara tidak sadar kalian ingin mendownload aplikasi crack atau full version tanpa membayar pihak pengembangnya, namun dibalik itu semua bisa saja ada virus yang ditanamkan ke file-file yang kalian download tadi.

Sehubungan dengan di atas tadi, file mengandung virus tidak bisa diselamatkan atau dipulihkan lagi karena dari sistem operasi sendiri tidak akan mengijinkan kalian mengembalikan file yang berbahaya.

Baca juga: Solusi Mengalami This PC can’t run Windows 11

Langkah Memulihkan File yang Terhapus

Sebelumnya kalian harus paham istilah-istilah disebutkan dibawah ini. Karena jika kalian bingung nanti kalian akan kesusahan dalam mengikuti langkahnya atau kalian juga bisa mencari di google.

1. Recycle Bin

cara memulihkan file yang terhapus via recycle bin

Jika kalian sudah lama menggunakan laptop tentu sangat familiar dengan kata-kata ini. Recycle Bin adalah fitur yang ada untuk mengembalikan file-file yang terhapus. Fitur ini berfungsi hampir mirip dengan tong sampah yang masih bisa diselamatkan sebelum benar-benar dibuang.

Caranya ada dibawah ini:

  • Klik tombol Start dan temukan menu Settings.
  • Di dalam menu settings, klik Personalization ==> Themes.
  • Pada halaman selanjutnya, carilah menu Desktop icon settings di sebelah kanan layar.
  • Lalu, pastikan checkbox Recycle Bin tercentang. Jika sudah, klik OK. Dengan ini, ikon Recycle Bin sudah muncul di desktop.
  • Untuk mengembalikan file-file atau folder yang sebelumnya terhapus, klik kanan pada file dan pilih Restore.

2. Fitur Restore Previous Versions

cara memulihkan file yang terhapus via restore previous version

Salah satu fitur ini ada di dalam sistem operasi Windows. Jadi fitur ini disediakan untuk kalian yang semisal tidak sengaja menghapus file atau merubah sistem bahkan mengkustomisasi sistem kalian. Dengan kemudahan ini kalian bisa mengembalikan atau merestore ke waktu sebelumnya yang ingin kalian tuju.

Caranya ada dibawah ini:

  • Klik menu Start.
  • Lalu, klik folder yang sebelumnya berisikan file atau folder yang terhapus.
  • Klik kanan pada folder tersebut.
  • Pilih Restore Previous Versions.
  • Klik Open untuk pada daftar file atau folder yang tersedia sebelumnya.
  • Kemudian, klik Restore pada file atau folder yang dipulihkan.
  • Selesai!

Baca juga: Inilah Aplikasi Download Video Youtube di Laptop Windows 10 dan Caranya!

3. Akses Command Prompt

cara memulihkan file yang terhapus via command prompt

Dengan salah satu fitur yang sangat powerful ini kalian bisa memerintah laptop kalian untuk melakukan apa saja selama kalian menjadi administratornya atau pemiliknya. Dengan teknik ini pun kalian dapat memuilhkan file yang terhapus di laptop secara mudah.

Caranya ada dibawah ini:

  • Akses Command Prompt melalui Search bar atau ctrl+f.
  • Ketik cmd pada search bar. Lalu, klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  • Selanjutnya ketik chkdsk X: /f. Gantilah X dengan nama drive tempat file yang dihapus tersimpan.
  • Kemudian, ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Seperti sebelumnya, ganti X dengan nama drive kamu. Proses recovery file dan folder yang terhapus akan berlangsung setelahnya.

Selama prosesnya sedang berlangsung, kami sarankan kalian tidak mengapa-apakan laptop kalian. Karena bisa saja file tadi akan tertumpuk dan bisa menyebabkan error saat pemulihan selesai.

4. Manfaatkan File History (hanya ada di Windows 10)

cara memulihkan file yang terhapus via file history

Memanfaatkan fitur file history sangat berguna dan efektif untuk mengembalikan file yang terhapus. Karena fitur ini sengaja diberikan oleh Microsoft selaku pemilik Windows demi membantu para penggunanya mengatasi masalah ini yang sering terjadi. Namun fitur ini tersedia di Windows 10 saja yang mengganti Backup & Restore sebelumnya di Windows 7 & 8.

Caranya ada dibawah ini:

  • Buka menu Settings, pilih Update & Security. Kemudian, klik Backup dan pilih Add a Drive. 
  • Setelah klik Add a Drive, akan muncul daftar partisi hard drive eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan backup.
  • Klik partisi atau hard drive eksternal yang dapat dipilih.

Baca juga: Windows Update Error 0x80070422, Inilah Solusinya!

Perlu diingat ya, jika kalian menggunakan hanya satu partisi akan menyulitkan proses ini, alangkah bailknya kalian menggunakan penyimpanan eksternal.

  • Apabila ingin backup dilakukan secara berkala, klik tombol di bawah teks Automatically Backup My Fles.
  • Jika ingin mengembalikan backup yang telah dibuat. Buka menu Search dan ketikkan File History. Kemudian, klik ikonnya.
  • Untuk mengembalikan file, folder, atau partisi yang diinginkan. Tinggal klik tombol Restore berwarna hijau yang ada di bagian bawah window.

5. Menggunakan Aplikasi Recuva

cara memulihkan file yang terhapus via aplikasi recuva

Di cara kali ini, kita menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan file yang terhapus di laptop kalian. Dengan adanya aplikasi Recuva, tentu sangat membantu kalian yang tidak ingin repot atau ribet, hanya mengklik secara instan saja sudah terbantu.

Caranya ada dibawah ini:

  • Download dan Install Recuva.
  • Buka Recuva Wizard dari komputer, lalu pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Kemudian, klik tombol Next.
  • Lalu, tentukan lokasi penyimpanan file yang terhapus untuk mempercepat proses pencarian file yang hilang.
  • Jika kamu merasa yakin bahwa file yang terhapus memang disimpan di lokasi yang sudah ditentukan, maka bisa langsung klik Next dan pilih I’m Not Sure jika kamu tidak yakin atau lupa di mana lokasi penyimpanan file.
  • Untuk memulai proses pencarian, centang kotak Enable Deep Scan, lalu klik Start.
  • Tunggu beberapa saat karena pencarian file sedang dilakukan dan dibagi menjadi 3 bagian. Yakni mencari file yang terhapus, menganalisa kerusakan file, dan menganalisis isi file.
  • Selanjutnya, pilih file yang ingin dikembalikan dengan cara mencentang kotak pada file-file yang ingin dikembalikan, lalu klik kanan dan pilih Recover Highlighted. Akhiri dengan klik tombol Recover.

Baca juga: 5 Cara Mudah Agar RAM HP Tidak Penuh

Masih Belum Bisa dipulihkan?

Cara ini adalah cara yang terakhir, yaitu dengan datang ke ahlinya. Kenapa? Karena sekarang banyak juga jasa atau servis untuk mengembalikan file yang terhapus entah bagaimana caranya. Karena keahlian mereka, tentu cara terakhir ini menjadikan cara yang paling solutif namun memakan biaya yang cukup mahal.

Jadi intinya, saat kalian merasa menghapus file kalian secara tidak sengaja janganlah merasa panik apalagi heboh. Karena tentu bisa membuat kalian menjadi tidak terkontrol dan bisa-bisa stress mengingat data yang terhapus adalah penting. Bawalah santai dengan mencari caranya di internet!

Itulah cara memulihkan file yang terhapus di laptop.

Ardiansyah
Saya adalah seorang penulis/content writer untuk website justfakaza dan sudah lebih 1 tahun dibidang ini.