Ardiansyah Saya adalah seorang penulis/content writer untuk website justfakaza dan sudah lebih 1 tahun dibidang ini.

Inilah Qlue – Smart City App, Aplikasi Buatan Indonesia yang Mendunia

4 min read

Qlue – Smart City App aplikasi buatan indonesia yang mendunia

Justfakaza.com – Mengenai kelanjutan zaman pasti membentuk kita semua agar terbantu semasih adanya perubahan teknologi yang kencang. Siapa duga teknologi yang dulunya masih terbilang terlalu tua, namun waktu ini telah berubah menjadi sesuatu abad mengapa teknologi diagungkan. Adapun perubahan semenjak dari berbagai teknologi ini adalah aplikasi. Nah, di kita pun tidak kalah berdampingan lantaran memiliki sebuah Qlue aplikasi buatan indonesia yang mendunia.

Aplikasi yang disebutkan disini bersifat umum, bisa jadi aplikasi hp, dekstop, maupun web. Dengan majunya para developer yang ada di dalam negeri ini diharapkan mampu membuat dan bersaing dengan para pembuat internasional. Tidak cukup sampai situ, peran dari warga Indonesiapun menjadi poin penting dalam pertumbuhan sebuah abad.

Dengan adanya sokongan dari rakyat, dan pemerintah tentunya yang melancarkan kesempatan atau karir suatu tim atau perseorangan developer akan merubah semuanya menjadi lancar. Namun masih ada terbatasnya ketertarikan rakyat Indonesia dengan adanya berbagai aplikasi ciptaan lokal sendiri dan tetap menggunakan aplikasi dari pihak asing. Sebab apa?

Baca juga: 15 Aplikasi Belajar Online Gratis, Buruan Install!

Alasan Aplikasi Lokal Tidak Laku

Berkaitan mengenai penyebab dari sebab aplikasi Indonesia ini yang tidak laku, kami mau berbincang seminimumnya mengapa pada hasilnya para pengembang dalam negeri menentukan untuk berganti maupun berganti solo pengembang. Masalah itu masih sesekali sebagai diskusi para developer lain kendati masyarakat lazim, situasinya para pengembang Indonesia merasa terbatasnya ada motivasi dari warga Indonesia.

Support itu bisa jadi berasal dari pemerintah, masyarakat, kantornya, mungkin dari sahabatnya sendiri. Tentu bersamaan adanya gendongan biarpun tanpa secara materi, akan menggerakkan kualitas para pembuat untuk menjadi lebih bertumbuh dan terbuka dalam industri aplikasi ini. Bermacam-macam keruntuhannya jika memperhatikan dari sisi pengalaman seorang pengembang.

dukungan inipun tentu kita berikan kepada semua pengembang sendiri yang berperan serta untuk memikul nama bangsa kita tentu dengan menciptakan aplikasi seperti chatting, media sosial, videography ataupun fotography.

Baca juga: Ini PicMix, Aplikasi Buatan Indonesia yang Mendunia

Buat kali ini kami akan menjabarkan aplikasi yang diciptakan oleh developer Indonesia yang tentu kita hormati dan semuanya sudah resmi diluncurkan. Ada yang diluncurkan untuk android, Ios dan keduanya. Inilah Qlue – Smart City App, aplikasi buatan Indonesia yang mendunia.

Qlue – Smart City App

Qlue – Smart City App aplikasi Indonesia yang mendunia

Qlue – Smart City App merupakan aplikasi yang dirancang oleh developer Asinalum yang berada di Jakarta Pusat. Asinalum merancang aplikasi ini dengan alasan untuk membantu kita yang tidak mengetahui arah maupun jalan saat berpergian. Aplikasi Qlue – Smart City App hampir mirip dengan GoogleMaps yang diciptakan oleh developer terkenal yaitu Google Inc.

Sebenarnya aplikasi ini dirancang penuh untuk peta yang ada di Jakarta, namun seiring berjalannya waktu banyak peminat yang menggunakan aplikasi Qlue – Smart City App dan akhiranya Asinalumpun mengembangkan lagi untuk beberapa peta yang ada di kota Pekanbaru, Probolinggo, Bima, serta Menado. Mereka sendiri terus meng-update dan mengembangkan aplikasinya demi bertujuan untuk membuat peta seluruh Indonesia yang terintegrasi dengan tanda-tanda seperti pom bensin, supermarket, dll.

Tujuan dibuatnya Qlue – Smart City App

Pertama kali dirancang, aplikasi Qlue – Smart City App bertujuan untuk membantu para pendatang luar Jakarta yang tidak mengetahui arah dan jalan. Jadi tidak usah untuk menanyakan ke seseorang atau bahkan harus mencari tanda-tanda arah yang ada di sekitaran lampu merah di setiap simpang jalan. Tentu hal itu sudah tidak wajar saja dilakukan mengingat kita sudah memasuki era digital 4.0 dan sebentar lagipun akan masuk ke era digital 4.1.

Peluncuran Pertama Qlue – Smart City App

Aplikasi Qlue – Smart City App resmi diluncurkan ke beberapa store aplikasi pada tanggal 15 Maret 2019. Asinalum sendiri menyatakan bahwa mereka sudah meluncurkan aplikasi ini ke beberapa store aplikasi yaitu GooglePlayStore dan AppStore. Tentu tujuan utama mereka yaitu dengan target pengguna android karena masyarakat Indonesia mayoritas menggunakan hp dengan sistem operasi android.

Baca juga: 7 Aplikasi Sosmed Buatan Indonesia, Apa Saja?

Fitur-Fitur Qlue – Smart City App

Jika kita berbicara mengenai fitur-fitur dari sebuah aplikasi, apalagi aplikasi mobile, tentu banyak sekali fitur yang dihadirkan dan hampir sama semuanya dari segi kelebihan dan kekurangannya. Namun pada aplikasi Qlue – Smart City App kali ini kita akan membahas beberapa fitur yang unik dan dihadirkan untuk membantu kita yang buta akan teknologi digital.

1. Views Maps

Fitur ini dapat kita gunakan saat kita bingung menggunakan aplikasi ini pada saat tampilan satelit. Terkadang kita saat menggunakan peta sulit membedakan mana arah mata angin. Itulah yang membuat kita sering kesasar padahal sudah menggunakan aplikasi peta. Cukup lucu bukan? yang ceritanya kita akan menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu kita tapi malah menyesatkan.

Untuk penggunaannya kalian cukup dengan menekan ikon disebelah kanan bawah dan nanti otomatis akan tampil streetview atau peta yang sesuai pandangan kalian. Cara ini cukup efektif bagi kalian yang memang tidak sepenuhnya bisa menggunakan aplikasi peta.

2. Directions Way

Kali ini ada fitur yang sama adanya di GoogleMaps, yaitu directions way atau artinya arah jalan. Sesuai artinya, fitur ini membuat kita yang ingin berpergian dan ingin menuju ke suatu lokasi yang belum kita kunjungi akan diarahkan. Dan tak lupa, aplikasi ini dapat membantu kalian menentukan arah jalan yang sedang padat kendaraan maupun ada beberapa penutupan secara realtime.

Namun layanan penentuan jalan padat kendaraan hanya tersedia di Jakarta saja, karena developer Asinalum sendiri masih berusaha keras untuk mengembangkan dan membuat sebuah database untuk merekam sebuah lokasi. Itu cukup memakan waktu dan biaya yang lebih, terlebih jika ingin mengakses seluruh sudut yang ada di Indonesia.

3. Speech Mode

Fitur kali ini cukup menarik, karena saat kita membaca peta tentu kita rata-rata saat berkendara atau berjalan ke lokasi yang dituju. Kadang kali kita suka tidak fokus antara memperhatikan jalan atau aplikasi tersebut dan itu bisa fatal dilakukan karena kita tidak fokus saat berkendara atau jalan. Nah dengan adanya bantuan Speech Mode, kalian akan terbantu.

Kenapa? karena dengan fitur ini kalian seolah-olah akan dibantu oleh seorang assiten yang mengarahkan kalian dengan suara tanpa harus kalian melihat ke aplikasi.

Baca juga: 6 Cara Setting HP Android agar Sinyal Kuat

Kelebihan dan Kekurangan dari Qlue – Smart City App

Hal biasa sebuah bentukan sudah tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan semua itu lumrah terjadi. Walaupun dengan adanya kelebihan dan kekurangan wajar menjadi bagian tersendiri sebagai pencipta maupun konsumen. Menyangkut dengan peluncuran suatu aplikasi wajar sang developer wajar sudah mengestimasi musibah yang seketika terjadi pada produknya.

Nah pada aplikasi Qlue – Smart City App, kita akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangannya. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Kelebihan Aplikasi Qlue – Smart City App

  • Wilayah lokal yang lengkap untuk DKI Jakarta
  • Saat digunakan, baterai yang terkuras tidak begitu banyak.
  • Speech Mode yang akurat.

2. Kekurangan Aplikasi Qlue – Smart City App

  • Kurangnya legenda atau tanda di lokasi tertentu dan seolah-olah seperti peta kosong hanya jalanan saja.
  • Saat menggunakan streetview, masih sering tidak akurat dengan peta yang asli.

Kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Qlue – Smart City App pasti akan mengupayakan para penggunanya mempertimbangkan untuk memerlukan aplikasi tersebut apakah tepat dioperasikan sebagai aplikasi peta harian atau hanya untuk wilayah-wilayah tertentu saja.

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Review tentang Aplikasi Qlue – Smart City App

Mengenai tentang review, sudah tentu banyak sekali pro dan kontra yang terjadi. Review kali ini kami kulik dari beberapa sumber dan usernya yang sudah menulisnya. Ada yang berasal dari GooglePlayStore dan Ios maupun dari penggunanya langsung. Inilah beberapa ulasannya.

Evi Roza Marwinda

“Semoga membantu dan segera melakukan penangkapan terhadap orang yg telah di laporkan karna sudah meresahkan banyak orang”.

Ekky Martadinata

“Sangat berguna untuk seluruh masyarakat DKI dalam hal pengaduan situasi di sekitar DKI jakarta”.
Intan CiLinCinG
“Aplikasi yg sangat bagus buat masyarakat Jakarta untuk pembangunan kota Jakarta..dimana kita bisa melaporkan masalah sampah,banjir, PJU, lampu merah, narkoba dll ..jadilah warga Jakarta yg peduli terhadap lingkungan demi kemajuan kota Jakarta”.
Sebenarnya masih banyak ulasan dari aplikasi Qlue – Smart City App, baik yang memberikan ulasan baik atau buruk. Pihak pembikinpun sudah berusaha menanggapi dari ulasan-ulasan yang diberikan oleh pengguna dan menjadi pr kedepannya untuk mengembangkan aplikasi tersebut menjadi cocok dan layak bersaing di kancah internasional.
Ardiansyah Saya adalah seorang penulis/content writer untuk website justfakaza dan sudah lebih 1 tahun dibidang ini.